cara menghilangkan batuk pada bayi

5 Cara Alami Yang Efektik Menghilangkan Batuk Pada Bayi

Bayi sangat rentan terhadap ancaman penyakit (khususnya batuk) yang dibawa oleh orang-orang disekitarnya, Untuk itu Anda bisa memahami 7 cara menghilangkan batuk pada bayi secara alami berikut ini.

Kenapa bayi sangat rentan terhadap penyakit? itu karena sistem imun atau kekebalan tubuh pada bayi masih belum sempurna, sehingga belum cukup kuat untuk melawan virus atau kuman yang menempel ke tubuhnya.

Peran orangtua untuk menjaga kesehatan bayinya ini sangatlah penting, apalagi bayi hanya bisa menangis ketika dia merasa sakit dan ini akan menimbukan kecemasan pada orangtuanya karena bingung harus melakukan apa. Sakit perut kembung pada bayi sangat susah untuk melihat gejalanya dan bayi akan terus menangis karena merasa tidak nyaman.

Berbeda lagi ketika bayi sakit batuk karena tertular dari orang lain atau karena musim pancaroba, gejalanya sama seperti batuk pada umumnya yang membuat orangtua mudah melakukan tindakan. Tapi harap diingat untuk orangtua bahwa tidak boleh memberikan obat sembarang, karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi si bayi.

Cara Menghilangkan Batuk Pada Bayi

cara meredakan batuk pada bayi
Redakan batuk bayi dengan cara alami (Thinkstock)

Banyak yang merekomendasikan cara menghilangkan batuk paling efektif adalah dengan cara alami atau tidak menggunakan obat-obatan kimia. Berikut ini ada 5 rekomendasi cara alami untuk meredakan batuk pada bayi :

Diberi ASI

Bayi itu biasanya sering mengikuti kondisi Ibunya, jika demam, biasanya sibayi ikut demam. Jika sibayi batuk, ibunya juga batuk, oleh karena itu banyak yang menganjurkan jika ingin minum obat, ada baiknya hanya ibunya saja yang minum.

Maka dari itu, ASi (air susu ibu) sangat dianjurkan untuk tetap diberikan kepada bayi yang sedang batuk dan menjadi cara menyembuhkan batuk paling alami dan paling aman untuk si bayi.

Air Putih

Bayi yang sudah berumur diatas 6 bulan sudah bisa diberikan air putih dan ini adalah cara untuk membantu meredakan sakit pada tenggorokannya.

Air putih dengan suhu hangat kuku akan sangat baik untuk membantu penyembuhan batuk si bayi, jangan memberikannya air putih dingin (es) ataupun air putih yang panas.

Buah-Buahan

Jika bayi anda sudah mulai mulai makan-makanan keras, cobalah diberikan buah pepaya, pisang, apel, alpukat yang dilembutkan untuk meredakan batuknya.

Journal Advances in Nutrition pada tahun 2012 telah membuat studi yang mengatakan bahwa buah-buahan ini sangat bagus karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu sistem tubuh melawan virus dan kuman penyebab batuk.

Sayur-Sayuran

Sayuran juga sagat bagus sebagai obat batuk alami untuk bayi, karena sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral penting untuk tubuh dan meningkatkan kekebatan tubuh si bayi.

Sayuran seperti Wortel, bayam, atau brokoli yang dilembutkan sangat bagus untuk sibayi

Madu

Madu dianggap juga sebagai obat batuk alami untuk bayi, hal ini sudah dibuktikan juga oleh Elsevier Public Health Emergency Collection. Mereka menyebutkan bahwa madu bisa meredakan batuk pada anak dan membuat anak itu jadi bisa tidur dengan nyenyak.

Tapi, madu hanya boleh diberikan kepada bayi yang sudah diatas 1 tahun ya. Ditakutkan jika diberikan kepada bayi yang masih dibawah umur 1 tahun akan keracunan makan akibat bakteri Clostridium botulinum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *