Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal

Batuk itu penyakit yang menjengkelkan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut ini ada cara ampuh menyembuhkan batuk berdahak secara cepat agar bisa kembali bisa dekat dengan orang-orang yang kita cintai.

Kali ini Yodak.co.id ingin membahas tentang Batuk Berdahak yang disebabkan oleh infeksi (virus dan bakteri) atau juga karena flu. Biasanya si penderita batuk berdahak itu meresakan ada lendir ditenggorokan yang membuat rasa gatal tapi sulit untuk dikeluarkan.

Sebelum membahas cara menyembuhkan batuk berdahak yang disertai tenggorokan gatal, ada baiknya memahami ciri-cirinya terlebih dahulu . Berikut ini adalah ciri-ciri batuk berdahak :

  1. Produksi lendik yang lebih banyak dan biasanya menyebabkan rasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan.
  2. Batuk berdahak itu biasanya sering kumat atau akan semakin parah pada malam hari karena pada saat berbaring atau tidur dimalam hari, lendir akan menumpuk di belakang tenggorokan. Solusinya bisa Anda baca Cara menyembuhkan batuk yang membahas secara lengkap.
  3. Ciri khas dari batuk berdahak itu adalah munculnya lendir berwarna putih dan kadang-kadang bisa warna hijau
  4. Batuk disertai pilek yang tentunya bisa memperparah keadaan karena hidung mampet yang membuat penderita susah bernapas.

Infeksi mikroorganisme (bakteri atau virus) adalah pemicu dari batuk berdahak, pilek dan flu. Sistem pernapasan dalam tubuh kita ini dilapisi oleh lendir yang berfungsi menjaga organ paru-paru agar tetap lembab, tapi, lendirnya akan semakin banyak jika tubuh diserang oleh mikroorganisme tadi dan membuat tubuh akan menghasilkan lendir lebih banyak daripada biasanya.

4 Cara Ampuh Menyembuhkan Batu Berdahak

Ilustrasi jeruk nipis dan jahe untuk batuk
Jeruk nipis dan jahe untuk batuk (Ilustrasi teh jahe – SHUTTERSTOCK)

Penanganan untuk Batuk berdahak dan batuk biasa (kering) tentu saja beda, karena di batuk berdahak harus menghilangkan dahak/lendirnya juga. apa saja yang bisa menyembuhkan batuk berdahak?

Jeruk Nipis Dan Kecap

Cara alami yang bisa meredakan batuk berdahak adalah dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang ditambahkan dengan kacap manis. Ini adalah cara yang sudah turun temurun dilakukan banyak orang sebagai tindakan pertama untuk mengatasi batuk.

Apakah cara ini benar-benar efektik? atau hanya mitos belaka? Ternyata ini adalah sebuah fakta, karena jeruk nipis ini memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa melemaskan otot-otot saluran pernapasan. Selain itu, jeruk nipis juga bisa mengatasi suara serak akibat batuk.

Sedangkan untuk Kecap manisnya digunakan untuk memberikan rasa manis pada air jeruk yang sangat kecut. Anda juga bisa menggantinya dengan Madu, yang memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan dengan kecap manis.

Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk obat batuk? Anda hanya butuh 1 iris jeruk nipis saja yang di peras ke sendok atau kedalam gelas lalu dicampurkan dengan kecap manis atau madu untuk memberikan rasa manis. Saya pribadi juga pernah mencobanya dan mengkonsumsinya cukup 2-4 sendok 1 harinya.

Jahe Campur Daun Sirih

Minum air Jahe bisa menghangatkan tenggorokan dan tubuh kita, biasanya ditambahkan dengan madu agar terasa manis dan mendapatkan Khasiat madu juga. Nah, agar lebih efektif mengobati batuk berdahaknya, kamu bisa menambahkan daun sirih.

Cara membuatnya adalah rebus air bersih dan campurkan beberapa lembar daun sirih dan irisan jahe. Setelah mendidih, pindahkan kegelas dan bisa tambahkan madu untuk rasa manisnya. Cukup dengan meminum 1 gelas air rebusan jahe dan daun sirih ini akan menghangatkan tenggorokan dan membantu penyembuhan batuk.

Minum Obat

Cara untuk meredakan batuk berdahak selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa Anda beli di toko, apotek atau melalui resep dokter.

Meminum obat dari resep dokter akan lebih efektif, karena penderita batuk akan diperiksa terlebih dahulu dan ditanyakan apa saja keluhannya. Tapi, jika Anda ingin membeli obat batuk berdahak di toko atau apokik terdekat, maka bisa memilih obat dengan jenis seperti ini :

  • Pastikan obat batunya menganduk ekspektoran karena bisa mengurangi kekentalan dahak yang menempel di tenggorokan atau saluran pernapasan, sehingga bisa dengan mudah mengeluarkan dahaknya.
  • Jika penderita batuk bedahak sedang hamil, ada baiknya membaca pemberitahuan di kotak obat batuknya. Tapi, alangkah baiknya membeli obatnya di apotik agar bisa menanyakan obat yang lebih spesifik.

Istirahat Yang Cukup

Jangan paksakan untuk bekerja saat Anda mengalami batuk berdahak, itu bisa membuat tubuh menjadi lemas dan proses penyembuhannya jadi lebih lama.

Pastikan Anda benar-benar mendapatkan porsi istirahat yang cukup, tidak tidur larut malam dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu Berkumur dengan air garam sebanyak 3kali sehari bisa membantu menghilangkan kuman dan bakteri jahat didalam tenggorokan agar proses penyembuhan batuknya bisa lebih cepat.

 

Check Also

OBH Combi obat batuk berdahak

OBH Combi Sirup Obat Batuk Berdahak

OBH Combi Sirup Obat batuk berdahak ini adalah obat yang dikhususkan untuk penderita batuk yang …

Siladex ME Obat Sirup Untuk Batuk Berdahak

Siladex ME (Mucolytic and Expectorant) merupakan sirup obat batuk berdahak yang tidak menyebabkan ngantuk setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *