cara menyembuhkan batuk paling efektif

Cara Menyembuhkan Batuk Paling Efektif dan Alami

Batuk mungkin dianggap sebagai gangguan kesehatan yang ringan, tapi nyatanya membuat si penderita akan merasa tidak nyaman saat beristirahat ataupun beraktifitas. Nah, bagaimanasih cara menyembuhkan batuk yang mengganggu aktifitasmu?

Jangan Anda menganggap remeh batuk yang sedang diderita, karena jika dibiarkan saja ditakutkan akan ada infeksi pada tenggorokan. Nah, sebelum membahas bagaimana cara menyembuhkan batuk, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala yang muncul dan penyebab-penyebabnya yang menimbulkan gangguan pada tenggorokan ini.

Apa Itu Batuk

Pengertian Batuk adalah suara yang muncul secara tiba-tiba dari saluran penapasan atau tenggorokan karena reflek tubuh yang disebabkan oleh adanya virus, bakteri ataupun kotoran debu yang masuk.

Dilansir dari laman alodokter, batuk ini memiliki pengertian berbeda yang mana mereka menyebutkan bahwa batuk merupakan sebuah respon alami dari tubuh untuk mencegah zat dan partikel masuk ke saluran napas bawah dari tenggorokan. Batuk juga bisa dianggap sebagai tanda adanya penyakit lain yang diderita, seperti asma dan juga kanker paru-paru.

Dahak atau lendir yang muncul saat batuk itu ternyata memiliki fungsi yang positif bagi tubuh kita. Dahak yang dihasilkan dari tenggorokan dan paru-paru ini berfungsi untuk menjaga kelembapan saluran pernapasan. Oleh karena itu, batuk yang muncul sesekali ini masih tergolong normal, karena bisa membantu menggerakkan dahak yang bertugas melembabkan saluran napas.

Tapi bagaimana jika batuknya tidak normal? jika batuk berlangsung lama dan terus menerus atau disertai dengan demam, dahak kuning atau bercampur darah, bisa jadi itu adalah tanda adanya masalah lain didalam tubuh Anda dan memerlukan tindakan medis.

Yang perlu diwaspadai saat ini adalah batuk menjadi salah satu gejala seseorang sedang terpapar covid-19, apalagi jika disertai dengan hilang penciuman, demam, sakit kepala, sakit badan (linu-linu). Ketika Anda merasakan gejala seperti ini dan tidak ingin buru-buru kerumah sakit, maka bisa mencoba panduan cara menyembuhkan batuk secara mandiri dirumah yang Yodak buat diakhir artikel ini.

Tapi, Anda juga harus ingat bahwa, jika tidak menunjukkan adanya perubahan (membaik), maka dianjurkan untuk melakukan tindakan medis seperti berobat ke klinik, puskesmas, Dokter BPJS atau langsung ke rumah sakit.

Gejala dan Penyebab Batuk

gelaja dan penyebab batuk
Beberapa gejala ini bisa menandakan Anda akan batuk (foto:guidelinesinpractice.co.uk)

Rasa gatal atau sakit pada tenggorokan adalah gejala awal batuk akan muncul, biasanya ini terjadi 1 hari sebelum batuk. Gejala lain pada penderita batuk itu biasanya disertai dengan :

  • Pilek/hidung mampet
  • Demam
  • Sesak napas
  • Ngeri otot
  • Sakit kepala
  • Tenggorokan sakit saat menelan makanan
  • Mual-mual
  • Menggigil

Batuk kering dan batuk berdahak adalah batuk yang biasanya bisa disembuhkan secara mandiri, baik itu dengan cara alami ataupun dengan obat dari dokter. Disebut sebagai batuk kering itu karena tidak mengeluarkan dahak atau lendir, sedangkan batuk berdahak itu biasanya terdapat dahak atau lendir di tenggorokan.

Ada 3 jenis batuk yang berdasarkan gejalanya (disusun oleh American College of Chest Physicians)

  1. Batuk Akut – Batuk yang terjadi 2-3 minggu
  2. Sub Akut – Batuk yang terjadi selama 3-8 minggu
  3. Batuk Kronis – Batuk yang terjadi lebih dari 8 minggu

Penyebab Batuk 

Hidup di kota-kota besar yang tingkat polusinya tinggi memang bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami batuk. Selain itu ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan batuk itu bisa muncul, diantaranya adalah :

  • Menghirup udara yang sudah terkontaminasi zat yang mudah mengganggu kesehatan saluran pernapasan.
  • Merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab batuk yang paling sering terjadi, bahkan banyak orang yang tak kunjung sembuh batuknya karena tidak menghentikan kebiasaan merokoknya.
  • Efek karena obat lain (tertentu) juga bisa memicu batuk, tapi Anda bisa membicarakan hal ini dengan dokter.
  • Mempunyai Alergi terhadap debu
  • TBC (Tuberkulosis) merupakan penyakit yang menyerang paru-paru dan menyebabkan batuk
  • Kebiasaan meminum air es (dingin) juga bisa menyebabkan batuk karena bisa mengakibatkan radang tenggorokan semakin parah
  • Sesak nafas (asma)
  • Infeksi saluran pernapasan bagian atas (post nasal drip) dan bawah.
  • Refluks asam lambung atau yang dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
  • Makanan berminyak seperti gorengan itu ternyata bisa menyebabkan batuk, karena naiknya asam lambung.

Dan mungkin masih banyak lagi penyebab batuk lainnya yang masih belum bisa kami rangkum disini. Dari beberapa poin diatas ini harusnya Anda sudah bisa mulai mengenali dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan batuk. Tapi, jika saat ini sudah terlanjur atau sedang mengalami gangguan tenggorokan , mungkin bisa mencoba cara menyembuhkan batuk yang efektif dilakukan dirumah saja berikut ini.

Cara Efektif Menyembuhkan Batuk Berdahak Atau Kering

Setelah mengetatahui beberapa penyebab timbulnya gejala batuk, maka kita bisa mulai mengurangi dan menghindari hal-hal tersebut. Berikut ini merupakan beberapa cara menyembuhkan batuk secara alami agar bakteri atau virus yang mengganggu saluran pernapasan bisa hilang dan kondisi tubuh berangsur-angsur sembuh.

  1. Biasanya, yang mudah terserang penyakit itu adalah orang yang kondisi tubuhnya tidak Fit. Sangat disarankan untuk beristirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh bisa kembali naik untuk melawan virus atau bakteri penyebab batuknya. Ada baiknya sipenderita batuk ini meminta resep obat kepada dokter untuk mempercepat proses penyembuhannya (biasanya juga dokter akan memberikan obat yang mengandung obat tidur, sehingga bisa istirahat tidur dengan nyenyak tanpa merasakan gatal pada tenggorokan.
  2. Cara efektif untuk menghilangkan batuk berdahak ataupun batuk kering secara alami adalah dengan minum air putih / mineral lebih banyak dari biasanya agar tenggorokan tidak kering.
  3. Kebiasaan merokok, minum-minuman yang dingin dan manis atau bermain dengan hewan peliharaan tanpa menggunakan masker adalah kebiasaan yang harus distop terlebih dahulu pada saat Anda mengalami batuk. Kebiasaan ini bisa saja memperarah batuknya dan bisa menggantinya dengan kegiatan olahraga kecil atau mengkonsumsi permen/minuman yang mengandung peppermint.
  4. Rasa Menthol yang ada dalam Minuman atau Permen peppermint ini bisa secara alami melegakan pernapasan
  5. Jahe memiliki citara yang hangat dan bisa membantu melegakan saluran pernapasan dan juga bisa menghangatkan tubuh. , khasiat Jahe ini sudah dari dulu dimanfaatkan untuk mengatasi batuk dan berbagaimacam penyakit lainnya. Untuk cara pengolahannya bisa Anda pelajari pada Cara menghilangkan batuk berdahak secara alami.
  6. Posisi tidur ternyata bisa membantu melegakan tenggorokan yang gatal, Caranya adalah dengan mengatur posisi kepala lebih tinggi. Cukup dengan menambahkan bantal saja dan ini akan membantu sistem pernapasan Anda lagi lebih nyaman.
  7. Lakukan olahraga kecil saat bangun pagi sambil menghirup udara yang masih segar tentu sangat baik buat tubuh kita, Udara pagi yang masih segar dan bersih ini bisa membantu membersihkan sistem pernapasan dan tentunya akan membantu mengehilangkan batuk.
  8. Karena batuk sangat mudah menular, maka jika ada anggota keluarga atau orang-orang disekitarmu sedang batuk, segeralah jaga jarak atau menjauh untuk sementara.
  9. Mandi atau berendam air hangat sangat bagus untuk proses penyembuhan batuk. Uap dari air hangat yang kita hirup ini bisa juga membantu melegakan pernapasan. Banyak orang-orang yang mengatakan bahwa saat batuk tidak boleh mandi, padahal membersihakn tubuh itu sangat penting untuk kesehatan.

Seperti itulah penjelasan tentang gejala batuk, jenis-jenisnya, penyebabnya dan cara menyembuhkan batuknya. Intinya sih kita harus tetap jaga kesehatan seperti menggunakan masker ketika di tempat yang berpolusi dan tidak mengkonsumsi atau jajan sembarangan.

Jangan panik ketika Anda atau kerabat yang mengalami gejala batuk, karena ketika panik itu biasanya menyebabkan imunitas ditubuh kita jadi turun dan proses penyembuhannya jadi lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *