cara mengobati sakit perut berkepanjangan

Cara Mengobati Sakit Perut Berkepanjangan Yang Paling Ampuh

Sakit perut adalah sebuah masalah besar bagi setiap orang, tapi bagaimana jika masalah tersebut tidak kunjung sembuh? Anda harus waspada dan segera periksa kedokter atau coba dengan cara mengobati sakit perut berkepanjangan berikut ini.

Pengertian sakit perut adalah rasa nyeri yang timbul dari dalam perut atau lebih tepatnya di sekitar depan tubuh antara tulang iga dengan tulang panggul. Beberapa gejala akibat sakit perut itu seperti ada yang menusuk-nusuk dalam perut, mulas seperti mau buang air besar dan juga adak kram-kram.

Lalu, apa yang menyebabkan orang bisa mengalami sakit perut berkepanjangan? dan seperti gejalanya yang muncul?

Penyebab Sakit Perut Berkepanjangan

penyebab sakit perut berkepanjangan
Berikit ini adalah beberapa penyebab munculnya sakit perut yang berkepanjangan (foto:lifebouy.co.id)

Dilansir dari laman halodoc, tanda-tanda seseorangan mengalami masalah sakit perut berkepanjangan adalah Infeksi Ascariasis. Apakah Anda tahu apa itu Ascariasis? ini adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh gangguan dari cacing gelang (ascaris lumbricoides).

Infeksi Ascariasis

Cacing ini juga yang menyebabkan banyak orang menderita penyakit cacingan. Jika tidak segera diobati, maka kesehatannya sedang terancam dan bisa menyebabkan anemia dan juga manutrisi yang gejalanya adalah sakit perut berkepanjangan (tidak sembuh-sembuh).

Untuk mencegah terjadinya infeksi Ascariasis, kenali beberapa tanda-tanda jika Anda sedang mengalami masalah infeksi ascairiasis.

Tanda-tanda infeksi Ascariasis

  • Diare, Demam dan Batuk-Batuk
  • Perut terasa selalu tidak nyaman
  • Selera makan jadi menurun
  • Dada seperti sesak dan membuat tidak nyaman
  • Berat badan jadi turun
  • Nafas seperti jadi pendek
  • Adanya daram didalam mukus

Anda bisa mencegahnya dengan cara menjalankan pola hidup sehat, seperti rajin cuci tangan, mencuci buah dan sayur sebelum dimakan dan pastikan masakan yang dimakan benar-benar sudah masak dengan sempurna.

Sindrom iritasi usus besar (IBS)

Pada umumnya, sakit perut berkepanjangan itu disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar (IBS),intoleransi laktosa, atau gastroparesis. Tapi bisa juga disebabkan oleh masalah pencernaan lainnya yang biasanya muncul gejala yang berbeda-beda.

Yang dimaksud dengan gejala yang berbeda-beda itu adalah :

Sakit Perut Yang Tiba-Tiba dan Sakitnya Ekstrem

Jika muncul masalah seperti ini, Anda harus segera minta pertolongan kerumah sakit. Jangan sekali-kali menyepelekan gejala sakit perut yang muncul tiba-tiba dan rasa sakitnya sangat ekstrem.

Ciri-ciri dari sakit perut ekstrem ini adalah

  • perut tertekan
  • rasa nyerinya sangat tajam
  • napas terengah-engah

Sakit Perut Campur Mual dan Muntah

Masalah yang muncul seperti ini adalah gejala umum yang biasanya muncul pada penderita. Gejala seperti ini disebut sebagai peradangan pada saluran pencernaan akibat infeksi virus, bakteri ataupun parasit (cacing gelang).

Cara Mengatasi Sakit Perut Berkepanjangan

Adapun cara mengobati sakit perut berkepanjangan dirumah saja atau sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter umum adalah sebagai berikut :

  1. Perbanyak minum air putih, karena akan membantu proses pencernaan
  2. Konsumsi olahan Jahe, karena Manfaat Jahe ini sangat banyak dan salah satunya adalah kandungan Gingerol dan Shogaolnya yang bisa membantu menghilangkan rasa perut sakit, nyeri dan mual.
  3. Hindari minum minuman bersoda, karena akan membuat perut kembung
  4. Kurangi minum kopi atau minuman yang mengandung kafein, karena minuman ini bersifat diuretik yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.
  5. Sering mandi air hangat untuk membantu meregangkan otot-otot yang tegang.

Tapi, jika cara mengobati sakit perut berkepanjangan secara alami ini tidak memberikan perubahan dan tetap saja sakit perutnya tidak hilang, maka segeralah mengatur janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter umum Bpjs yang biasanya ada praktek di Apotek, atau bisa juga ke dokter di Puskesmas. Jika memang kondisinya dianggap parah, maka dokter biasanya akan menyarankan (membuat surat rujukan) untuk melanjutkan pemeriksaan sakit perut berkepanjangannya di rumah sakit umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *