tips jaga daya tahan tubuh

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Bulan Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi umat islam, Anda bisa mempelajari tips jaga daya tahan tubuh dibawah ini agar tetap kuat berpuasa meskipun menjalani aktivitas seperti biasanya.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima, Anda harus memastikan bahwaa selama sebulan penuh berpuasa nanti bisa menjaga asupan nutrisi tetap terpenuhi. Kekurangan nutrisi dan gizi akan menyebabkan kekebalan tubuh menjadi buruh dan akan mudah terserang penyakit.

Nah, ketika sedang menjalani  puasa dan Anda dalam kondisi sakit, tentu akan mengganggu puasanya bahkan bisa saja tidak kuat untuk berpuasa. Oleh karena itu, Yuk pelajari tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan segar saat menjalankan ibadah puasa.

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jaga Pola Tidur

Karena saat bulan ramadhan ini kita harus bangun lebih awal untuk makan sahur, maka Anda harus mulai mengubah pola istirahat dari biasanya. Jadi, pastikan Anda bisa memperbanyak waktu istirahat dan mengurangi tidur yang larut malam.

Perlu Anda ketahui juga bahwa, kurang tidur akan menyebabkan tubuh kita jadi mudah lelah, nafsu makan tidak stabil dan juga bisa mengganggu otak jadi tidak bisa konsentrasi.

Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih saat malam hari di bulan puasa akan menjaga tubuh tidak dehidrasi ketika kita beraktivitas di pagi hingga sore hari.

Minum air putihnya bisa dicontoh dengan minum 1 gelas sebelum tidur malam, 1 gelas sebelum dan sesudah makan sahur, 1 gelas saat buka puasa, dan juga setelah tarawih.

Dengan cara ini, Anda sudah membantu memenuhi cairan tubuh dan akan terhindar dari masalah kelelahan. haus, mulut kering ataupun sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Baca di artikel manfaat minum air putih yang membahas secara detail apa saja yang dirasakan untuk tubuh jika minum air putih secara teratur.

Membatasi Makanan dan Minuman Manis

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis saat berbuka puasa itu sangat tidak baik untuk tubuh kita, karena rasa manisnya itu akan membuat kita merasa cepat kenyang dan akhirnya tidak nafsu makan ke makan beratnya.

Pola seperti ini akan menyebabkan asupan nutrisi tidak seimbang dan bisa menyebabkan daya tahan tubuh jadi turun. Anda akan merasa lemas selama menjalani puasa ketika terlalu banyak makan makanan manis.

Makan Makanan Berprotein, Sayur dan Buah

3 jenis makan ini jika dikonsumsi secara teratur selama bulan ramadhan dipercaya akan jaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima.

Contohnya ketika Anda banyak makan buah dan sayur saat berbuka puasa atau sahur, maka pencernaan anda akan lancar karena kandungan serat dari buah dan sayur.

Protein juga memiliki peran penting untuk tubuh kita karena kalori dan protein bisa membantu Anda untuk mengelola rasa lapar.

Konsumsi Vitamin

Tubuh sangant membutuhkan nutrisi yang cukup saat menjalankan puasa, selain itu vitamin juga sangat dibutuhkan untuk bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik.

Vitamin memang bisa kita dapatkan dari makan-makanan berprotein, buah dan juga sayur seperti yang dijelaskan tadi. Tapi, untuk membantu agar asupan vitaminnya tetap baik, maka Anda bisa mengkonsumsi Vitamin untuk daya tahan tubuh seperti Samcemin dari Samco Farma. Ini adalah vitamin dengan akndungan vitamin C sebanyak 100 mg agar asupan vitamin harian Anda terpenuhi.

Itulah tips jaga daya tahan tubuh yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan selama bulan ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *