ciri-ciri turun berok pada pria dan wanita

Ciri-Ciri Turun Berok Pada Pria Atau Wanita dan Cara Mengatasinya

Turun berok bisa terjadi pada siapa saja baik pria ataupun wanita, jangan anggap remeh masalah ini dan Anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri turun berok agar bisa mengantisipasinya lebih awal.

Untuk Sahabat Yodak yang belum tahu apa itu itu turun berok, yuk simak dulu pembahasan singkatnya berikut ini. Turun berok adalah nama lain dari hernia, penyakit ini ditandai dengan robekan pada otot atau jaringan yang membuat bagian dalamnya menonjol keluar. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat sakit sekali dan terjadi biasanya pada bagian perut, pusar, selangkangan dan juga paha.

Turun berok juga bisa dibedakan dengan kondisinya, ada yang ringan dan ada juga yang berat. Jika masih dalam kondisi masalahnya ringan, usu yang menonjol bisa masuk kedalam lagi jika sipenderita dalam posisi tidur.

Tapi jika dalam kondisi yang sudah parah, usus yang keluar tidak bisa masuk ke dalam perut. Dalam kasus seperti ini, usus bisa saja jadi membusuk. Oleh karena itu, Anda jangan sekali-kali meremehkan penyakit ini. Untuk mengenalinya, yuk simak bagaimana ciri-ciri jika sedang mengidap penyakit hernia/turun berok.

Ciri-Ciri Turun Berok

turun berok alias hernia
Jangan sepelekan masalah seperti ini (foto:youtube)
  • Merasakan sakit yang sangat mengganggu diperut bagian bawah
  • Rasa sakitnya akan lebih menyakitkan ketika ada tekanan seperti karena mengangkat beban berat, batuk dan mengejan
  • Ada muncul benjolan di selangkangan atau daerah perut dan ukuran benjolan ini akan membesar ketika penderita sedan posisi berdiri atau ada tekanan dalam perut
  • Ada juga penderita turun berok/hernia yang tanpa merasakan rasa sakit, ini sangat berbahaya karena bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum
  • Rasa sakit yang muncul dengan demam yang tinggi
  • Gangguan pencernaan
  • Bila usus sudah dalam posisi terjepit dalam waktu yang cukup lama, ini akan menimbulkan kerusakan yang biasanya ditandai dengan mual-mual atau muntah.

Cara Mengatasi :

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah turun berok ini dan biasanya penanganannya tergantung dari ciri-ciri yang muncul, besar bejolannya atau dilihat dari tingkat keparahannya ( ringan atau berat).

Banyak yang menyarankan memang jika terjadi masalah seperti ini, penderita sangat disarankan untuk melakukan pengecekan atau konsultasi pada dokter agar bisa melakukan tindakan penanganan lebih cepat. Ada juga yang bilang bahwa cara mengobati turun berok dengan jahe ini sangat efektik meredakan gejala penyakit ini.

Kesimpulannya adalah bagi Anda yang merasa memiliki ciri-ciri turun berok seperti diatas tadi, segeralah memeriksakan kondisi tersebut dengan dokter agar mendapat penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Originally posted 2022-06-02 00:32:55.

Check Also

Cara Mengobati Turun Berok Dengan Jahe

Cara Mengobati Turun Berok Dengan Jahe

Cara mengobati turun berok dengan jahe adalah salah satu metode pengobatan herbal yang bisa Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *