Cara Mengobati Kutu Air Dengan Pasta Gigi

Cara Mengobati Kutu Air Dengan Pasta Gigi – Pernah merasakan gatal yang luar biasa pada sela-sela jari kaki? itu adalah kutu air yang disebabkan oleh terjadinya infeksi jamur pada kulit kaki.

Lalu, apakah cara mengobati kutu air dengan pasta gigi itu benar-benar bisa berkerja dengan baik dan bisa menyembuhkan infeksinya? yuk, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Kutu air adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering muncul di bagian kaki, penyebabnya adalah infeksi jamur yang muncul biasanya dikarenakan terlalu lama menggunakan sepatu basah/kaki berkeringat. Jenis penyakit kulit ini sama persis dengan infeksi jamur lainnya seperti kudis ataupun kurap.

Untuk mengobatinya bisa dengan cara mengoleskan obat anti jamur yang banyak dijual bebas. Ada baiknya memang menggunakan obat khusus anti jamur untuk mengatasi masalah penyakit kulit ini, sedangkan cara mengobati kutu air dengan pasta gigi ini bisa dijadikan sebagai alternatif saja atau pertolongan pertama saja.

Penyebab dan Gejala Kutu Air

mengobati kutu air dengan odol

Kondisi sepatu atau kaos kaki yang lembab akibat kaki berkeringat atau sepatu basah karena terkena air hujan bisa menjadi faktor utama munculnya kutu air di sela jari-jari kaki. Ruam-ruam merah pada kulit kaki itu disebabkan oleh jamur Trichophyton rubrum yang akan memberikan efek gatal yang luar biasa.

Adapun gejala yang biasanya muncul adalah :

  • Muncul ruam-ruam kemerahan pada kulit
  • Kulit jadi bersisik dan berbentuk lingkaran
  • Muncul rasa gatal

Ketika gatal muncul dan digaruk, maka infeksi jamurnya bisa semakin melebar karena jamur-jamurnya yang menempel di tangan/kuku dan tersebar ke bagian kulit lainnya.

Untuk menyembuhkannya adalah Anda bisa langsung mengunjungi dokter keluar / dokter bpjs ataupun dokter spesialis kulit untuk mengkonsultasikan masalah penyakit kulit yang muncul. Anda akan mendapatkan resep obat bisa berupa salep ataupun pil yang diminum untuk menyembuhkannya.

Tapi, jika anda merasa ini masalah yang tidak terlalu berat dan bisa disembuhkan dengan cara tradisional, maka langkah pertama untuk mempercepat proses pengeringan luka akibat infeksi jamurnya adalah mengoleskan odol atau pasta gigi di bagian ruam-ruamnya.

Mengobati Kutu Air Dengan Odol / Pasta Gigi

Ini adalah cara termudah dan bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika Anda tidak memiliki stok obat/salep khusus infeksi jamur.
Perlu Anda ketahui bahwa, Odol / Pasta Gigi ini memiliki kandungan kalsium karbonat, kalsium fosfat dihidrat dan magnesium trilikat yang bisa berfungsi sebagai mengusir bakteri dan jamur dikulit seperti masalah kutu air ini.

Rasa mint dari pasta gigi juga bisa mengurangi rasa gatal dari ruam-ruam akibat kutu airnya, yang paling penting adalah kandungan koloid hidrofilik yang bisa menyembuhkan kulit seperti awal lagi.

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara mengobati kutu air dengan pasta gigi :

  1. Cuci bersih dengan sabun pada bagian kulit kaki yang terinfeksi kutu air
  2. Oleskan pasta gigi pada bagian ruam-ruamnya saja secara merata
  3. Biarkan hingga pasta giginya kering dan terlepas sendiri

Seperti itulah penjelasan singkat tentang pasta gigi yang ternyata bisa bermanfaat sebagai obat penanganan awal untuk masalah kutu air dirumah.

Originally posted 2022-05-31 00:32:52.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *